Pendidikan dan Pelatihan

Pendidikan dan Pelatihan, meliputi penyelenggaraan berbagai pendidikan dan pelatihan  untuk penguatan posisi dan kapasitas difabel, keluarga difabel, guru maupun anggota masyarakat umum lainnya yang dilaksanakan secara partisipatorik dan inklusif. Berbagai aktivitas yang pernah dilakukan oleh DRIA MANUNGGAL dalam Program Pendidikan dan Pelatihan, meliputi: 

  • 2005, Diskusi Akhir Pekan. Kelompok diskusi bulanan, bertempat di Dria Manunggal dan terbuka untuk umum, membahas topik difabilitas dan masalah sosial yang lain.
  • 2005, Kelompok Belajar Bersama. Sebuah model berbagi pengetahuan dan pengalaman antara difabel dan para relawan Dria Manunggal. Topik yang cukup diminati hingga saat ini di antaranya: berbicara di depan umum (public speaking), menulis, Bahasa Inggris untuk semua.
  • 2004, Pelatihan Guru tentang Penyediaan buku-buku dan materi aksesibel bagi siswa difabel netra di 7 SMU di wilayah Propinsi DIY. Kegiatan ini bekerjasama dengan SLB Negeri 3, SMU Muhammadiyah 3, dan Departemen Pendidikan Nasional. Saat ini dikembangkan bersama oleh RC IX SLB Negeri 3 dan Dinas Pendidikan Propinsi DIY.
  • 2003, Penyusunan Rencana Strategi dan Pengembangan Pendidikan Inklusi di Propinsi DIY.
  • 2000, Beasiswa dan bantuan nutrisi bagi 60 anak difabel di Propinsi DIY. Kegiatan ini berlangsung hingga tahun 2003 dan merupakan bagian dari proyek bersama 7 organisasi yang dikoordinir oleh Yayasan SAMIN Yogyakarta dan didukung oleh NOVIB.
  • 1993, “Seni sebagai Media Ekspresi Penyandang Cacat”, kegiatan kursus melukis, keramik, dll yang dimaksudkan sebagai media ekspresi dan art therapy bagi difabel. Untuk kegiatan-kegiatan pelatihan dan pameran seni, aktivitas juga didukung oleh Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung hingga tahun 1997, dengan pertimbangan beberapa organisasi massa berbasis difabel telah mengembangkan kegiatan semacam ini secara mandiri.