Persiapan Hari Difabel Internasional 2017

Latihan di SLB Kalibayem

Dalam rangka mempringati Hari Difabel Internasional yang akan dipusatkan di Yogyakarta pada tahun 2017 ini, Dria Manunggal mengambil peran dan kesempatan untuk mementaskan sebuah pertunjukan Wayang Milehnium Inklusif Garuda Perkasa yang mengangkat cerita Roro Jonggrang karena venue pelaksanaan HDI akan dilangsungkan di Candi Prambanan pada 3 Desember 2017.

Seluruh pemain adalah pemuda difabel dengan difabilitas yang beragam, yakni Tuli, difabel netra, difabel daksa, dan difabel grahita. Pementasan yang memadukan seni wayang dan seni teater ini dimainkan oleh lebih dari 25 pemain yang mayoritas adalah siswa dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Bantul atau yang dikenal dengan SLB Kalibayem Yogyakarta.

Pemeran utama Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso, dan Prabu Boko ketiganya adalah difabel Tuli yang akan membawakan perannya dengan menggunakan bahasa isyarat. Yang menarik dari pementasan ini adalah pentas akan dipertunjukkan di puncak perayaan Hari Difabel Internasional yang langsung dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Seluruh pemarin antusias untuk menyuguhkan pertunjukan yang terbaik dengan latihan setiap Senin dan Kamis. Peran yang dibawakan oleh difabel netra adalah memainkan musik sebagai pengiring jalannya pementasan dari awal hingga akhir. Pada bagian akhir pementasan, Dria Manunggal akan menyerahkan peta taktil kepada Presiden Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *