Lokakarya Media, Inklusi dan Disabilitas : Sumber Daya untuk Perubahan Sikap

MIDRAC

Dria Manunggal tergabung ke dalam tim penelitian mengenai pendidikan inklusi dengan tema Media, Inklusi dan Disabilitas : Sumber Daya untuk Perubahan Sikap bersama dengan Universitas Sydney, Universitas Negeri Yogyakarta, Wahana Keluarga Cerebral Palsy, dan Sentra Advokasi Perempuan dan Anak Difabel (SAPDA).

Kami mengadakan Lokakarya Media, Inklusi, dan Disabilitas : Sumberdaya untuk Perubahan Sikap selama 3 hari yakni 10-12 Oktober 2017 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Proyek ini menghubungkan penyandang disabilitas dan organisasi perwakilan mereka dengan pakar dalam pendidikan, media, dan komunikasi dan Indonesia dan Australia untuk memberdayakan sekolah-sekolah untuk mengembankan inovasi komunikasi tentang difabel dan inklusi dalam masyarakat menuju perubahan sikap.

Inovasi ini (MIDRAC) adalah untuk memampukan sekolah mitra kami di Yogyakarta, Indonesia untuk mengubah perilaku dengan melalui perubahan cara-cara mereka mengkomunikasikan tentang disabilitas dan inklusi di lingkungan sekolah dan komunitas. Proyek ini akan mengembangkan media online, media sosial, dan cerita yang menunjukkan profil kerjasama kami untuk mempromosikan perubahan perilaku tentang difabel dan pendidikan inklusi.

Program ini terutama mengembangkan kemitraan kami sebagai tim program (lintas batas wilayah dan disiplin ilmu, dan antara mandat akademik dan pelayanan/advokasi). Oleh karena itu, ukuran inti kesuksessan kami akan ditunjukkan melalui apa yang dapat kami capai melalui usaha bersama kami, termasuk sifat kerja sama kami selama program ini berlangsung. Kami merencanakan bersama sekolah-sekolah yang berpartisipasi di dalam program. Porgam ini dibangun atas kerjasama sebelumnya untuk pendidikan inklusif antara Universitas Sydney dan Universitas Negeri Yogyakarta dan memperluas jangkauan melalui penyertaan dan pendukung untuk penyandang disabilitas (organisasi-organisasi puncak) pada inisiatif baru ini.

MIDRAC merupakan tindak lanjut langsung dari kegiatan Participatory Action Research and Policy Workshop (Lokakarya Penelitian Aksi Partisipatif dan Kebijakan) yang diadakan di Yogyakarta pada Januari 2016. MIDRAC membahas mengenai rekomendasi inti yang datang dari komunitas pendidikan dan keluarga yang berpartisipasi dari sekolah-sekolah inklusif dan khusus/SLB di Yogyakarta. Yaitu, untuk memperbaiki sikap tenang pendidikan inklusif dan mengurangi stigma yang dialami oleh siswa-siswa difabel dan keluarga mereka.

Yang terpenting, melibatkan keahlian penelitian dari akademisi dan mahasiswa di bidang pendidikan luar biasa dan inklusif dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberikan kesempatan bagi peneliti-peneliti untuk berkontribusi dalam penelitian terapan mengenai pendidikan inklusif di Yogyakarta. Apabila kita berhasil mendukung rekan-rekan Indonesia, maka pendidikan inklusif di Yogyakarta akan diperluas dan kapasitas penelitian akan berkembang melalui prosesnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *