Rapat Rencana Kegiatan Konsolidasi bersama FILI, ANBTI, LBH Jogja serta Kunjungan dari Kemensos RI

Suasana rapat konsolidasi

Dria Manunggal saat ini memperhatikan kegiatan yang mendorong pemenuhan hak aksesibiitas peribadatan bersama dengan komunitas muda lintas iman dan difabel lintas iman bernama Forum Inklusif Lintas Iman (FILI). Dalam berkegiatan pun, Dria Manunggal memiliki 2 lembaga jaringan yang selama ini bersama-sama melakukan pendorongan terhadap permasalahan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (KBB), yaitu LBH (Lembaga Bantuan Hukum) Jogja dan ANBTI (Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika). Kedua lembaga tersebut memiliki beberapa kelompok dampingan, baik dari komunitas korban maupun komunitas muda yang memang memiliki perhatian besar dalam permasalahan ini.

Selasa, 29 Agustus 2017, perwakilan lembaga Dria Manunggal, LBH Jogja, dan ANBTI mengadakan pertemuan. Dalam forum ini muncul kebutuhan untuk lebih mengenal keberagaman di antara berbagai komunitas agar dapat memperkuat dorongan terciptanya Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (KBB) yang inklusif. Oleh karena itu, Dria Manunggal bersama dengan komunitas KBB dalam berencana menyelenggarakan kegiatan nonton bareng dan diskusi.

Rencana kegiatan ini bertujuan untuk lebih menguatkan perspektif keberagaman di antara komunitas dampingan, mempererat jalinan persaudaraan antar komunitas keberagaman, dan membuat rencana tindak lanjut untuk semakin melanjutkan perjuangan untuk mendorong KBB.

Dalam kegiatan rapat rencana kegiatan konsolidasi ini, kami telah menentukan tanggal yakni Sabtu, 23 September 2017 dengan mengundang 100 orang peserta dari FILI, komunita dampingan ANBTI, dan komunitas dampingan LBH Jogja. Saat kegiatan ini berlangsung, Dria Manunggal juga mendapat kunjungan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia yang sebelumnya melakukan kunjungan lapangan ke rumah peribadatan percontohan aksesibilitas di Masjid Baitul Makmur dan Pura Jagatnatha. Kunjugan Kemensos RI ke Dria Manunggal sekaligus ingin melihat bentuk kegiatan bersama komunitas pemuda dari mitra Dria Manunggal, LBH Jogja, dan ANBTI.

Adit selaku Jurubahasa Isyarat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *