Koordinasi Forum Inklusif Lintas Iman (FILI) Muslim

Sejak November 2016 telah terbentuk sebuah forum yang bernama Forum Inklusif Lintas Iman (FILI). Anggota FILI terdiri dari kelompok pemuda dan difabel lintas iman yang sejak pertengahan tahun 2015 telah terlibat dalam kegiatan mendorong pemenuhan aksesibilitas peribadatan bagi difabel yang dilaksanakan oleh Dria Manunggal. Sampai saat ini, telah berhasil mendorong 6 tempat ibadah untuk menjadi model aksesibilitas peribadatan bagi difabel (Masjid Baitul Makmur, Gereja Kristen Jawa Wirobrajan, Gereja Katholik Kemetiran, Pura Jagadnatha, Vihara Karangjati, dan Padepokan Sumarah).

Untuk memperluas dorongan pemenuhan aksesibilitas peribadatan ini, maka Dria Manunggal bersama FILI mengadakan koordinasi bersama tiap komunitas agama di Kantor Dria Manunggal dipandu oleh Drs. Setia Adi Purwanta, M.Pd selaku direktur eksekutif Dria Manunggal. Pada koordinasi ini Setia kembali menjelaskan bahwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) telah membuat surat edaran tentang aksesibilitas rumah ibadah bagi difabel. Dilanjutkan dengan cerita pengalaman anggota FILI yakni Andika pengguna kursi roda yang telah melakukan sosialisasi kepada beberapa masjid yang  ia kunjungi sembari memberikan surat edaran MUI tersebut kepada takmir masjid.

Koordinasi dilanjutkan dengan membuat rencana kegiatan bersama dalam upaya perwujudan aksesibilitas peribadatan untuk semua, termasuk difabel. Beberapa rencana kegiatan yang akan dilakukan bersama adalah menjadikan Masjid Baitul Makmur sebagai pusat kegiatan FILI Muslim, mengindentifikasi difabel muslim di sekitar Masjid Baitul Makmur, capacity building atau pelatihan mengenai difabilitas dan aksesibilitas, membangun perspektif takmir masjid mengenai difabilitas dan aksesibilitas melalui pertemuan rutin takmir masjid, dan pengajian pemuda Baitul Makmur mengenai difabilitas dan aksesibilitas.

Koordinasi FILI Muslim di kantor Dria Manunggal sekaligus buka bersama.
Koordinasi FILI Muslim di kantor Dria Manunggal sekaligus buka bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *